Press "Enter" to skip to content

Karbu Nok di Putaran Tengah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apakah motor Anda mengalami masalah karburator saat putaran mesin berada di putaran tengah? Kondisi ini umum terjadi dan bisa sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Artikel ini akan mengulas tuntas penyebab karburator ngok di putaran tengah dan solusi tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Karbu Nok di Putaran Tengah

  1. Jet Spuyer Tersumbat

Jet spuyer adalah komponen karburator yang berfungsi mengatur aliran bahan bakar. Jika jet spuyer tersumbat oleh kotoran atau kerak, maka aliran bahan bakar menjadi terhambat, sehingga menyebabkan karburator kehabisan bahan bakar saat putaran tengah.

  1. Jarum Skep Macet

Jarum skep adalah komponen yang mengatur bukaan katup skep. Jika jarum skep macet atau kotor, maka bukaan katup skep tidak bisa terbuka dengan sempurna, sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi berkurang dan menyebabkan mesin kekurangan tenaga di putaran tengah.

  1. Mangkuk Karburator Kemasukan Udara

Jika mangkuk karburator kemasukan udara, maka bahan bakar yang tersimpan di dalamnya akan tercampur dengan udara, sehingga kualitas bahan bakar menjadi menurun. Hal ini bisa menyebabkan mesin mengalami kekurangan bahan bakar dan ngok di putaran tengah.

  1. Saluran Bahan Bakar Tertekuk

Saluran bahan bakar yang tertekuk dapat menghambat aliran bahan bakar ke karburator. Aliran bahan bakar yang terhambat akan menyebabkan karburator kehabisan bahan bakar saat putaran tengah.

  1. Pompa Bahan Bakar Lemah

Pompa bahan bakar berfungsi memompa bahan bakar dari tangki ke karburator. Jika pompa bahan bakar lemah, maka tekanan bahan bakar yang dihasilkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mesin di putaran tengah.

  1. Pengapian Lemah

Sistem pengapian yang lemah dapat menyebabkan mesin sulit mendapatkan tenaga di putaran tengah. Hal ini karena pengapian yang lemah tidak mampu menghasilkan percikan api yang kuat untuk membakar campuran udara dan bahan bakar secara optimal.

BACA JUGA  Gagal Starter? Begini Cara Mengatasi Motor KLX yang Mogok

Cara Mengatasi Karbu Nok di Putaran Tengah

  1. Bersihkan Jet Spuyer

Bersihkan jet spuyer menggunakan cairan pembersih karburator atau compressed air. Pastikan semua lubang pada jet spuyer terbuka dan tidak tersumbat.

  1. Lumasi Jarum Skep

Bersihkan jarum skep dan olesi dengan pelumas khusus untuk jarum skep. Pastikan jarum skep dapat bergerak dengan lancar dan tidak macet.

  1. Periksa Mangkuk Karburator

Periksa mangkuk karburator apakah ada kebocoran atau kemasukan udara. Perbaiki kebocoran atau ganti mangkuk karburator jika perlu.

  1. Ganti Saluran Bahan Bakar

Ganti saluran bahan bakar yang tertekuk dengan saluran bahan bakar baru yang tidak tertekuk. Pastikan saluran bahan bakar terpasang dengan kencang dan tidak ada kebocoran.

  1. Periksa Pompa Bahan Bakar

Periksa tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa bahan bakar. Jika tekanan bahan bakar rendah, maka ganti pompa bahan bakar dengan yang baru.

  1. Periksa Sistem Pengapian

Periksa sistem pengapian, termasuk busi, kabel busi, dan koil pengapian. Ganti komponen yang rusak atau lemah untuk memastikan pengapian yang optimal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah karburator ngok di putaran tengah dan membuat motor Anda kembali bekerja dengan normal. Jika Anda mengalami kesulitan mengatasi masalah ini sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *