Press "Enter" to skip to content

Perbedaan Signifikan Blok Mesin RX King dan RX Spesial

Motor Yamaha RX King dan RX Spesial merupakan dua ikon otomotif yang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar motor di Indonesia. Meskipun keduanya berasal dari keluarga yang sama, terdapat beberapa perbedaan kunci yang membedakan kedua motor legendaris ini, terutama dari segi blok mesin.

Kubikasi Mesin

RX Spesial dikenal sebagai pendahulu dari RX King, dengan mesin 2 tak berkapasitas 115 cc. Sementara itu, RX King hadir dengan kubikasi mesin yang lebih besar, yaitu 132 cc, memberikan tenaga lebih besar dan performa yang lebih tangguh.

Rasio Kompresi

Perbedaan lainnya terletak pada rasio kompresi. RX Spesial memiliki rasio kompresi 6:6:1, sedangkan RX King memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi yaitu 6:9:1. Rasio kompresi yang lebih tinggi pada RX King menandakan kebutuhan akan bahan bakar dengan nilai RON yang lebih tinggi untuk performa optimal.

Desain dan Fitur

Dari segi desain, RX Spesial mengusung gaya yang lebih klasik dengan half fairing yang menutupi batok lampu, berbeda dengan RX King yang memiliki desain lebih modern dan agresif. Fitur-fitur pada RX Spesial cukup lengkap untuk ukuran motor 2 tak pada masanya, seperti rem belakang jenis tromol dan lampu depan jenis halogen. Di sisi lain, RX King menawarkan fitur-fitur modern seperti rem belakang jenis cakram dan speedometer digital.

Kesimpulan

Meskipun kedua motor ini memiliki kesamaan sebagai motor 2 tak legendaris dari Yamaha, perbedaan blok mesin antara RX King dan RX Spesial memberikan karakteristik tersendiri bagi masing-masing motor. Baik itu dari segi kapasitas mesin, rasio kompresi, maupun fitur-fitur yang disematkan, kedua motor ini tetap memiliki tempat spesial di dunia otomotif Indonesia.

BACA JUGA  Persamaan Kampas Rem Belakang Suzuki Nex: Panduan Lengkap

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *