Motor Yamaha RX King dan RX Spesial adalah dua model legendaris yang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar motor di Indonesia. Meskipun keduanya berasal dari keluarga yang sama, terdapat beberapa perbedaan kunci yang membedakan kedua motor ini, terutama pada bagian kruk as.
Kubikasi Mesin
RX Spesial dikenal sebagai pendahulu RX King dengan mesin 2 tak berkapasitas 115 cc. Sementara itu, RX King menawarkan kubikasi mesin yang lebih besar, yaitu 132 cc, yang memberikan tenaga lebih besar dan performa yang lebih tangguh.
Rasio Kompresi
Perbedaan lainnya terletak pada rasio kompresi. RX Spesial memiliki rasio kompresi 6:6:1, sedangkan RX King memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi yaitu 6:9:1. Rasio kompresi yang lebih tinggi pada RX King menandakan kebutuhan akan bahan bakar dengan nilai RON yang lebih tinggi untuk performa optimal.
Desain Kruk As
Desain kruk as pada kedua motor ini juga berbeda. RX Spesial didesain untuk memaksimalkan torsi pada putaran rendah dan menengah, sedangkan RX King memiliki desain kruk as eksentrik dengan sudut throw yang lebih besar untuk performa yang lebih responsif.
Kesimpulan
Meskipun kedua motor ini memiliki kesamaan sebagai motor 2 tak legendaris Yamaha, perbedaan-perbedaan di atas menjadikan mereka unik dengan karakteristik tersendiri. Baik RX Spesial maupun RX King tetap menjadi pilihan favorit bagi para penggemar motor klasik di Indonesia.
Be First to Comment