Press "Enter" to skip to content

Perbedaan Kruk As RX King dan RX Spesial

Motor Yamaha RX King dan RX Spesial adalah dua model legendaris yang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar motor di Indonesia. Meskipun keduanya berasal dari keluarga yang sama, terdapat beberapa perbedaan kunci yang membedakan kedua motor ini, terutama pada bagian kruk as.

Kubikasi Mesin

RX Spesial dikenal sebagai pendahulu RX King dengan mesin 2 tak berkapasitas 115 cc. Sementara itu, RX King menawarkan kubikasi mesin yang lebih besar, yaitu 132 cc, yang memberikan tenaga lebih besar dan performa yang lebih tangguh.

Rasio Kompresi

Perbedaan lainnya terletak pada rasio kompresi. RX Spesial memiliki rasio kompresi 6:6:1, sedangkan RX King memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi yaitu 6:9:1. Rasio kompresi yang lebih tinggi pada RX King menandakan kebutuhan akan bahan bakar dengan nilai RON yang lebih tinggi untuk performa optimal.

Desain Kruk As

Desain kruk as pada kedua motor ini juga berbeda. RX Spesial didesain untuk memaksimalkan torsi pada putaran rendah dan menengah, sedangkan RX King memiliki desain kruk as eksentrik dengan sudut throw yang lebih besar untuk performa yang lebih responsif.

Kesimpulan

Meskipun kedua motor ini memiliki kesamaan sebagai motor 2 tak legendaris Yamaha, perbedaan-perbedaan di atas menjadikan mereka unik dengan karakteristik tersendiri. Baik RX Spesial maupun RX King tetap menjadi pilihan favorit bagi para penggemar motor klasik di Indonesia.

BACA JUGA  Porting Ninja RR: Akselerasi Dahsyat, Tapi Jangan Abaikan Dampak Negatif!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *