Press "Enter" to skip to content

Tanda Top Kompresi pada Sepeda Motor Bebek 4 Tak

Top kompresi pada sepeda motor bebek 4 tak adalah posisi di mana piston berada di titik mati atas (TMA), dan kedua klep (klep masuk dan klep pembuangan) berada dalam posisi tertutup. Ini merupakan kondisi penting untuk memastikan urutan pengapian yang benar dan untuk menghindari kerusakan komponen saat melakukan penyetelan klep atau perawatan mesin lainnya.

Fungsi Top Kompresi

Top kompresi memastikan bahwa saat busi meletikan api, piston berada di TMA dan dalam langkah kompresi, dengan kedua klep dalam keadaan tertutup. Ini memungkinkan campuran bahan bakar dan udara untuk ditekan atau dipadatkan sebelum dibakar, yang menjadi sumber tenaga untuk memutar poros engkol.

Cara Mencari Top Kompresi

Untuk menemukan top kompresi, Anda dapat mencari tanda ‘T’ pada magnet yang terlihat pada lubang intip. Posisi ini menandakan bahwa piston pada posisi TMA. Selain itu, saat memutar magnet dengan kunci T, posisi paling berat menunjukkan langkah kompresi karena adanya pemadatan campuran bahan bakar.

Tanda-Tanda Top Kompresi

  • Marking atau tanda ‘T’ pada magnet terlihat pada lubang intip dengan posisi lurus.
  • Marking atau tanda ‘T’ pada sentrik yang tegak lurus menghadap ke depan.
  • Posisi paling berat saat memutar magnet dengan kunci T, menunjukkan langkah kompresi.

Pemahaman yang benar tentang top kompresi sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan mesin sepeda motor bebek 4 tak agar dapat beroperasi dengan efisien dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel lengkap di Sejeworks.

BACA JUGA  Ukuran Klep Standar CRF: Kunci Performa Optimal

Be First to Comment