Press "Enter" to skip to content

Pengapian Shogun Kebo: AC atau DC?

Motor Suzuki Shogun Kebo merupakan salah satu motor yang cukup populer di kalangan pengguna motor di Indonesia. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan sistem pengapian motor ini adalah, apakah menggunakan sistem pengapian AC atau DC?

Berdasarkan informasi terbaru dari internet, khususnya dari situs Sejeworks.id, motor Suzuki Shogun 110 yang memiliki kesamaan dengan Shogun Kebo, menganut sistem pengapian DC dan sistem pengisian AC. Ini berarti bahwa untuk bagian pengapian dari busi, motor ini mengandalkan accu atau aki sebagai sumber tenaganya. Sementara itu, bagian penerangan lampu dan pengisian accu mengandalkan arus dari spul penerangan dan spul pengisian.

Masalah Umum dan Solusi

Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor Shogun 110 adalah sistem pengisian yang bermasalah, sehingga accu sering tekor atau ngedrop meskipun baru saja melakukan penggantian aki. Penyebabnya bisa berasal dari kiprok yang rusak. Untuk mengecek kerusakan pada kiprok, Anda bisa mengikuti panduan yang telah disediakan oleh Sejeworks.id.

Harga Kiprok dan Alternatif Penggantian

Harga kiprok asli Suzuki Shogun 110 R berkisar sekitar Rp 150.000, namun harga ini bisa berbeda tergantung pada bengkel yang menjualnya. Disarankan untuk menggunakan kiprok asli dan bukan aftermarket atau palsu. Jika kesulitan mendapatkan kiprok asli, Anda dapat menggunakan kiprok dari motor lain seperti Yamaha Jupiter Z karbu, Mio Sporty karbu, atau Honda Beat karbu.

Kesimpulan

Dengan memahami sistem pengapian DC dan pengisian AC pada motor Suzuki Shogun Kebo, Anda dapat lebih mudah dalam melakukan perawatan dan pengecekan komponen terkait. Pastikan untuk selalu menggunakan komponen asli untuk menjaga performa motor Anda tetap optimal.

BACA JUGA  Ukuran Celah Klep Standar CRF 150: Panduan Lengkap

Be First to Comment