Press "Enter" to skip to content

Bongkar Rahasia: Ukuran Setelan Klep CRF 150 yang Pas, Motor Ngebut Maksimal!

Para pecinta motor trail, khususnya CRF 150, pasti ingin performa motornya selalu maksimal. Salah satu kunci performa yang optimal adalah setelan klep yang tepat. Tapi, berapa sih ukuran setelan klep CRF 150 yang ideal?

Jangan khawatir, artikel ini akan membahas tuntas seputar ukuran setelan klep CRF 150. Dari spesifikasi teknis, dampak setelan klep yang tidak tepat, hingga cara menyetel klep yang benar.

Spesifikasi Teknis Setelan Klep CRF 150

Menurut buku manual resmi Honda, spesifikasi teknis setelan klep CRF 150 adalah sebagai berikut:

  • Intake valve (klep masuk): 0,10-0,15 mm
  • Exhaust valve (klep buang): 0,15-0,20 mm

Catatan: Spesifikasi ini dapat sedikit berbeda tergantung pada tahun produksi dan tipe motor CRF 150.

Dampak Setelan Klep yang Tidak Tepat

Setelan klep yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada performa motor, antara lain:

  • Tenaga mesin berkurang: Setelan klep yang terlalu rapat akan membatasi aliran udara masuk dan keluar, sehingga mengurangi tenaga mesin.
  • Konsumsi bahan bakar meningkat: Setelan klep yang terlalu renggang membuat klep menutup tidak rapat, sehingga terjadi kebocoran kompresi dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
  • Suara mesin kasar: Setelan klep yang tidak tepat dapat menyebabkan suara mesin yang kasar dan berisik.
  • Kerusakan mesin: Dalam jangka panjang, setelan klep yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, seperti klep, dudukan klep, dan camshaft.

Cara Menyetel Klep CRF 150

Menyetel klep CRF 150 bukanlah pekerjaan yang sulit, tetapi membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan peralatan: Kunci pas busi, kunci pas ukuran 10 dan 14 mm, feeler gauge, obeng pipih, dan kunci torsi (jika ada).
  2. Posisikan motor: Letakkan motor pada posisi standar tengah atau gunakan penyangga.
  3. Lepaskan penutup mesin: Gunakan kunci pas ukuran 10 mm untuk melepaskan penutup mesin sebelah kiri.
  4. Tentukan silinder yang ingin disetel: Setel klep terlebih dahulu pada silinder depan (intake) dan belakang (exhaust).
  5. Temukan baut setelan klep: Baut setelan klep terletak pada bagian atas kepala silinder, di bawah camshaft.
  6. Setel klep: Masukkan feeler gauge yang sesuai (0,10-0,15 mm untuk klep intake dan 0,15-0,20 mm untuk klep exhaust) antara klep dan penyetel klep.
  7. Kendurkan baut setelan: Gunakan kunci pas ukuran 14 mm untuk mengendurkan baut setelan sedikit saja.
  8. Sesuaikan celah klep: sambil menahan baut setelan dengan kunci pas, gunakan obeng pipih untuk memutar penyetel klep hingga feeler gauge terasa seret saat ditarik.
  9. Kencangkan baut setelan: Gunakan kunci torsi untuk mengencangkan baut setelan dengan torsi yang ditentukan dalam buku manual (jika tersedia).
  10. Ulangi langkah 6-9: Ulangi langkah-langkah tersebut untuk setelan klep pada silinder lainnya.
  11. Pasang kembali penutup mesin: Pasang kembali penutup mesin dan kencangkan bautnya.
BACA JUGA  Cara Mengatasi Motor Aerox yang Tidak Bisa Nyala

Tips:

  • Periksa setelan klep secara berkala, terutama setelah melakukan perjalanan jauh atau modifikasi mesin.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan sendiri, lebih baik membawa motor ke bengkel resmi untuk penyetelan klep.

Kesimpulan

Setelan klep CRF 150 yang tepat sangat penting untuk performa mesin yang optimal. Dengan spesifikasi teknis dan langkah-langkah penyetelan yang jelas, Anda dapat menjaga motor kesayangan Anda tetap berlari kencang. Ingatlah untuk memeriksa setelan klep secara berkala dan berkonsultasilah dengan mekanik terpercaya jika diperlukan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *