Press "Enter" to skip to content

Kenapa Motor KLX Mogok? Yuk, Kupas Tuntas Penyebab dan Solusinya!

Bagi para penggemar motor trail, Kawasaki KLX menjadi salah satu pilihan yang cukup populer. Motor ini dikenal tangguh dan handal untuk melintasi medan off-road. Meski begitu, seperti kendaraan bermotor lainnya, KLX juga bisa mengalami masalah teknis, salah satunya adalah tidak bisa distarter.

Jika motor KLX Anda mogok dan tidak bisa distarter, jangan panik. Cobalah untuk mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda periksa:

1. Aki Lemah

Aki atau baterai merupakan sumber listrik utama pada motor. Jika aki lemah, maka tidak akan ada cukup tenaga untuk menyalakan mesin starter. Ciri-ciri aki lemah antara lain:

  • Lampu motor redup atau mati
  • Klakson lemah atau tidak bunyi sama sekali
  • Sulit distarter atau tidak bisa distarter sama sekali

2. Busi Rusak

Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang memicu pembakaran. Jika busi rusak atau kotor, maka tidak akan ada percikan api dan mesin tidak akan bisa hidup. Ciri-ciri busi rusak antara lain:

  • Elektroda busi aus atau terbakar
  • Ada kerak atau kotoran pada busi
  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter

3. Koil Pengapian Bermasalah

Koil pengapian bertugas untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dibutuhkan oleh busi untuk menghasilkan percikan api. Jika koil pengapian bermasalah, maka tidak akan ada tegangan tinggi dan busi tidak akan bisa menghasilkan percikan api. Ciri-ciri koil pengapian bermasalah antara lain:

  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter
  • Ada bunyi letupan pada mesin
  • Bau gosong pada mesin

4. CDI Rusak

CDI atau Capacitor Discharge Ignition berfungsi untuk mengatur waktu pengapian. Jika CDI rusak, maka waktu pengapian tidak tepat dan mesin tidak akan bisa hidup. Ciri-ciri CDI rusak antara lain:

  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter
  • Mesin tidak bisa langsam atau mati-matian
  • Ada bunyi letupan pada mesin
BACA JUGA  Penyebab dan Solusi Motor Scoopy Tidak Bisa Distarter

5. Karburator Kotor atau Tersumbat

Karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin. Jika karburator kotor atau tersumbat, maka campuran bahan bakar dan udara tidak tepat dan mesin tidak akan bisa hidup. Ciri-ciri karburator kotor atau tersumbat antara lain:

  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter
  • Mesin tidak bisa langsam atau mati-matian
  • Keluar asap hitam dari knalpot

6. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor, maka akan mengurangi aliran udara ke mesin dan menyebabkan mesin tidak bisa hidup. Ciri-ciri filter udara kotor antara lain:

  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter
  • Mesin tidak bisa langsam atau mati-matian
  • Keluar asap hitam dari knalpot

7. Klep Terbakar

Klep berfungsi untuk mengatur keluar masuknya gas pada mesin. Jika klep terbakar atau rusak, maka akan menyebabkan kompresi mesin berkurang dan mesin tidak bisa hidup. Ciri-ciri klep terbakar atau rusak antara lain:

  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter
  • Ada suara berisik dari mesin
  • Keluar asap putih dari knalpot

8. Piston Rusak

Piston merupakan salah satu komponen utama mesin. Jika piston rusak atau aus, maka akan menyebabkan kompresi mesin berkurang dan mesin tidak bisa hidup. Ciri-ciri piston rusak atau aus antara lain:

  • Mesin sulit distarter atau tidak bisa distarter
  • Ada suara berisik dari mesin
  • Keluar asap putih atau biru dari knalpot

Solusi

Setelah mengetahui penyebab motor KLX tidak bisa distarter, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Jika aki lemah, coba isi ulang atau ganti aki baru.
  • Jika busi rusak, ganti dengan busi baru.
  • Jika koil pengapian bermasalah, ganti dengan koil pengapian baru.
  • Jika CDI rusak, ganti dengan CDI baru.
  • Jika karburator kotor atau tersumbat, bersihkan karburator atau bawa ke bengkel untuk diservis.
  • Jika filter udara kotor, ganti dengan filter udara baru.
  • Jika klep terbakar atau rusak, bawa motor ke bengkel untuk diperbaiki.
  • Jika piston rusak atau aus, bawa motor ke bengkel untuk dilakukan overhaul mesin.
BACA JUGA  Ngoprek Karbu Ngok: Panduan Jitu untuk Putaran Atas Maksimal

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengapa motor KLX tidak bisa distarter. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan ragu untuk mengecek kondisi motor Anda sendiri atau membawanya ke bengkel terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *