Jakarta – Karburator PE 28 NGOK merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar. Namun, tak jarang karburator ini mengalami masalah, salah satunya brebet di putaran atas.
Kondisi ini tentu sangat mengganggu, terutama saat berkendara di jalan raya. Nah, berikut ini beberapa penyebab karbu PE 28 NGOK brebet di putaran atas yang perlu kamu ketahui:
1. Pilot Jet Tersumbat
Pilot jet berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar pada putaran rendah. Jika pilot jet tersumbat, maka aliran bahan bakar akan terhambat, sehingga menyebabkan mesin brebet saat putaran atas. Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan pilot jet menggunakan cairan pembersih karburator.
2. Main Jet Kebesaran
Main jet berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar pada putaran tinggi. Jika main jet terlalu besar, maka terlalu banyak bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar, sehingga menyebabkan mesin brebet dan boros bahan bakar. Sebaiknya, gunakan ukuran main jet sesuai dengan spesifikasi motor kamu.
3. Jarum skep Melengkung
Jarum skep berfungsi untuk mengatur tinggi skep karburator. Jika jarum skep melengkung, maka skep tidak akan naik turun dengan sempurna, sehingga menyebabkan campuran udara dan bahan bakar tidak optimal. Untuk memperbaikinya, kamu perlu mengganti jarum skep yang baru.
4. Papan skep Kotor
Papan skep adalah bagian yang menutupi skep karburator. Jika papan skep kotor, maka udara yang masuk ke karburator akan terhambat, sehingga menyebabkan mesin brebet. Bersihkan papan skep menggunakan cairan pembersih karburator dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
5. Bukaan Gas Tidak Sinkron
Bukaan gas yang tidak sinkron dapat menyebabkan aliran udara dan bahan bakar tidak merata, sehingga menyebabkan mesin brebet. Pastikan kabel gas berfungsi dengan baik dan bukaan gas pada karburator kiri dan kanan sudah sama.
6. Pengapian Bermasalah
Meski karburator yang bermasalah, pengapian yang bermasalah juga dapat menyebabkan mesin brebet di putaran atas. Periksa kondisi busi, koil pengapian, dan CDI. Jika ada komponen yang rusak, segera ganti dengan yang baru.
7. Klep Mesin Bocor
Klep mesin yang bocor dapat menyebabkan kompresi mesin berkurang, sehingga tenaga mesin berkurang dan mesin menjadi brebet. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengecek kondisi klep dan pastikan tidak ada kebocoran.
8. Filter Udara Kotor
Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke karburator. Akibatnya, campuran udara dan bahan bakar tidak optimal dan mesin menjadi brebet. Bersihkan atau ganti filter udara secara berkala.
9. CDI Rusak
CDI berfungsi untuk mengatur waktu pengapian. Jika CDI rusak, maka waktu pengapian tidak tepat, sehingga mesin brebet dan tidak dapat mencapai putaran atas. Ganti CDI dengan yang baru jika terjadi kerusakan.
10. Kemasukan Air
Kemasukan air ke dalam karburator dapat menyebabkan mesin brebet. Air akan mengganggu proses pembakaran dan membuat campuran udara dan bahan bakar tidak merata. Pastikan karburator dan saluran bahan bakar tidak kemasukan air.
Itulah beberapa penyebab karbu PE 28 NGOK brebet di putaran atas. Jika kamu mengalami masalah ini, segera periksa dan perbaiki sesuai dengan penyebab yang disebutkan di atas. Dengan karburator yang berfungsi dengan baik, motor kamu akan kembali berlari kencang tanpa gangguan.