Motor Vario 110 Mogok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hadi Saputra

Motor Honda Vario 110 merupakan salah satu skuter matik yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Namun, terkadang motor ini bisa mengalami masalah yang membuat tidak bisa hidup. Berikut ini beberapa penyebab motor Vario 110 tidak bisa hidup beserta cara mengatasinya:

1. Aki Lemah atau Soak

Aki merupakan sumber listrik utama pada motor. Jika aki lemah atau soak, maka motor tidak akan bisa hidup karena tidak ada yang menyuplai listrik ke sistem pengapian.

Ciri-ciri aki lemah:

  • Lampu motor redup
  • Klakson berbunyi lemah
  • Starter tidak bertenaga

Cara mengatasi:

  • Periksa tegangan aki menggunakan voltmeter. Tegangan aki yang sehat berkisar antara 12-14 volt.
  • Jika aki lemah, charge atau ganti aki baru.

2. Busi Mati

Busi merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api pada ruang bakar. Jika busi mati, maka motor tidak akan bisa hidup karena tidak ada yang memicu pembakaran.

Ciri-ciri busi mati:

  • Motor susah dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali
  • Mesin brebet atau tidak stabil
  • Konsumsi bahan bakar meningkat

Cara mengatasi:

  • Periksa kondisi busi. Jika elektroda busi kotor atau aus, ganti busi baru.
  • Bersihkan dudukan busi dari kotoran atau karat.
BACA JUGA  Bongkar Tuntas: RPM Optimal CVT Aerox Original untuk Performa Maksimal

3. Karburator Mampet

Karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar. Jika karburator mampet, maka campuran udara dan bahan bakar tidak bisa mengalir dengan lancar, sehingga motor tidak bisa hidup.

Ciri-ciri karburator mampet:

  • Motor susah dihidupkan
  • Mesin brebet atau tidak stabil
  • Asap knalpot hitam

Cara mengatasi:

  • Bongkar dan bersihkan karburator menggunakan cairan pembersih karburator.
  • Pastikan saluran bahan bakar dan udara bersih.
  • Stel ulang setelan karburator jika perlu.

4. Fuel Pump Bermasalah

Fuel pump berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator. Jika fuel pump bermasalah, maka bahan bakar tidak bisa mengalir ke karburator, sehingga motor tidak bisa hidup.

Ciri-ciri fuel pump bermasalah:

  • Motor susah dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali
  • Suara fuel pump tidak terdengar saat kunci kontak diputar
  • Mesin brebet atau mati mendadak

Cara mengatasi:

  • Periksa sekring fuel pump. Jika sekring putus, ganti sekring baru.
  • Periksa kondisi fuel pump. Jika fuel pump rusak, ganti fuel pump baru.

5. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke karburator. Jika filter udara kotor, maka udara yang masuk ke karburator akan terhambat, sehingga campuran udara dan bahan bakar tidak optimal. Akibatnya, motor bisa susah dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali.

Ciri-ciri filter udara kotor:

  • Motor susah dihidupkan
  • Mesin brebet atau tidak stabil
  • Konsumsi bahan bakar meningkat

Cara mengatasi:

  • Bersihkan atau ganti filter udara baru.

6. CDI Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik bertegangan tinggi yang memicu busi. Jika CDI rusak, maka arus listrik tidak akan bisa mengalir ke busi, sehingga motor tidak bisa hidup.

BACA JUGA  Takaran Oli Kompresor Angin: Panduan dan Rekomendasi

Ciri-ciri CDI rusak:

  • Motor susah dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali
  • Mesin brebet atau tidak stabil
  • Lampu indikator mesin menyala

Cara mengatasi:

  • Periksa CDI menggunakan tester CDI. Jika CDI rusak, ganti CDI baru.

7. Kiprok Rusak

Kiprok merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur pengisian aki. Jika kiprok rusak, maka pengisian aki tidak akan berjalan dengan baik, sehingga aki bisa lemah atau soak. Akibatnya, motor tidak bisa hidup karena tidak ada sumber listrik yang cukup.

Ciri-ciri kiprok rusak:

  • Aki cepat soak
  • Lampu motor redup saat langsam
  • Lampu motor terang berlebihan saat gas digeber

Cara mengatasi:

  • Periksa kiprok menggunakan tester kiprok. Jika kiprok rusak, ganti kiprok baru.

8. Starter Rusak

Starter merupakan komponen yang berfungsi untuk menghidupkan mesin. Jika starter rusak, maka motor tidak bisa hidup karena tidak ada yang memutar mesin.

Ciri-ciri starter rusak:

  • Tombol starter tidak berfungsi
  • Suara starter berisik atau tidak terdengar
  • Mesin tidak bisa dihidupkan

Cara mengatasi:

  • Periksa sekring starter. Jika sekring putus, ganti sekring baru.
  • Periksa kondisi starter. Jika starter rusak, ganti starter baru.

9. Kabel-kabel Bermasalah

Kabel-kabel pada motor berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari aki ke berbagai komponen. Jika kabel-kabel bermasalah, seperti putus atau korsleting, maka arus listrik tidak bisa mengalir dengan lancar, sehingga motor bisa mengalami gangguan, termasuk tidak bisa hidup.

Ciri-ciri kabel bermasalah:

  • Motor tidak bisa dihidupkan
  • Lampu motor tidak menyala
  • Klakson tidak bunyi

Cara mengatasi:

  • Periksa kondisi kabel-kabel. Jika ada kabel yang putus atau korsleting, perbaiki atau ganti kabel baru.

10. Komponen Mesin Aus atau Rusak

Selain komponen-komponen kelistrikan, penyebab motor Vario 110 tidak bisa hidup juga bisa diakibatkan oleh komponen mesin yang aus atau rusak, seperti:

  • Piston dan ring piston aus
  • Klep bocor
  • Rantai keteng kendur
BACA JUGA  Bongkar Tuntas, Kenali Ukuran As Shock Depan Aerox 155 yang Pas

Jika motor tidak bisa hidup karena komponen mesin yang aus atau rusak, maka diperlukan perbaikan yang lebih serius, seperti membongkar mesin dan mengganti komponen yang rusak.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab motor Vario 110 tidak bisa hidup dan cara mengatasinya, diharapkan Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan tepat. Jika Anda tidak yakin bisa mengatasi masalah sendiri, disarankan untuk membawa motor ke bengkel terdekat untuk diperbaiki oleh mekanik yang ahli.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar