Press "Enter" to skip to content

Motor Vario 110 Tak Bisa Nyala? Ini Penyebab dan Solusinya!

Motor Vario 110 merupakan salah satu skutik terlaris di Indonesia. Kendaraan keluaran Honda ini dikenal dengan mesinnya yang irit bahan bakar dan performanya yang cukup mumpuni untuk aktivitas perkotaan. Namun, seperti kendaraan lainnya, Vario 110 juga tidak luput dari masalah, salah satunya motor tidak bisa hidup.

Penyebab motor Vario 110 tidak bisa hidup bisa bermacam-macam, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang perlu Anda ketahui dan cara mengatasinya:

1. Aki Soak

Aki atau baterai berfungsi sebagai penyuplai listrik utama pada motor. Jika aki soak atau kehabisan daya, motor tentu tidak akan bisa hidup. Beberapa tanda aki soak antara lain:

  • Lampu redup
  • Starter tidak kuat
  • Klakson lemah

Solusi:

  • Periksa kondisi aki menggunakan voltmeter atau amperemeter.
  • Jika aki sudah tidak bisa dicharge, segera ganti dengan aki baru.

2. Busi Mati

Busi berperan penting dalam proses pembakaran mesin. Jika busi mati atau tidak berfungsi dengan baik, motor tidak akan bisa menghasilkan tenaga. Berikut adalah gejala busi mati:

  • Mesin sulit dihidupkan
  • Mesin tersendat-sendat
  • Tenaga mesin menurun

Solusi:

  • Lepaskan busi dan periksa kondisinya.
  • Jika busi sudah usang atau rusak, ganti dengan busi baru.
  • Pastikan jarak elektroda busi sesuai dengan spesifikasi pabrik.

3. Karburator Tersumbat

Karburator berfungsi mencampur udara dan bahan bakar untuk menghasilkan campuran yang optimal bagi mesin. Jika karburator tersumbat, campuran udara-bahan bakar tidak akan tepat, sehingga motor tidak bisa hidup. Gejala karburator tersumbat antara lain:

  • Mesin brebet
  • Asap knalpot hitam
  • Konsumsi bahan bakar meningkat

Solusi:

  • Bersihkan karburator menggunakan carb cleaner atau bawa ke bengkel untuk dibersihkan secara menyeluruh.
  • Periksa saringan udara dan ganti jika sudah kotor.
BACA JUGA  Wajib Tahu! Inilah Penyebab Oli Samping Bisa Masuk ke Mesin Motor

4. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor, pasokan udara ke mesin akan berkurang, sehingga campuran udara-bahan bakar tidak optimal dan motor sulit hidup. Gejala filter udara kotor antara lain:

  • Mesin sulit dihidupkan
  • Suara mesin kasar
  • Konsumsi bahan bakar meningkat

Solusi:

  • Bersihkan atau ganti filter udara sesuai dengan jadwal perawatan berkala.

5. Fuel Pump Rusak

Fuel pump bertugas memompa bahan bakar dari tangki ke karburator. Jika fuel pump rusak, bahan bakar tidak akan bisa disalurkan ke mesin, sehingga motor tidak bisa hidup. Gejala fuel pump rusak antara lain:

  • Mesin tidak mau hidup
  • Suara fuel pump tidak terdengar
  • Tekanan bahan bakar rendah

Solusi:

  • Periksa kondisi fuse fuel pump.
  • Ganti fuel pump jika sudah tidak berfungsi dengan baik.

6. Relay Starter Rusak

Relay starter berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke starter motor. Jika relay starter rusak, arus listrik tidak akan bisa mengalir ke starter dan motor tidak bisa hidup. Gejala relay starter rusak antara lain:

  • Suara "klik" saat menekan tombol starter
  • Starter tidak berputar
  • Klakson tidak bunyi

Solusi:

  • Ganti relay starter dengan yang baru.

7. Kabel Aki Putus

Kabel aki berfungsi sebagai penghubung antara aki dan komponen kelistrikan lainnya. Jika kabel aki putus, aliran listrik akan terputus dan motor tidak bisa hidup. Gejala kabel aki putus antara lain:

  • Lampu tidak menyala
  • Klakson tidak bunyi
  • Starter tidak berfungsi

Solusi:

  • Periksa kondisi kabel aki.
  • Hubungkan kembali kabel aki yang putus atau ganti dengan kabel baru.

8. CDI Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) berfungsi menghasilkan percikan api pada busi. Jika CDI rusak, tidak akan ada percikan api dan motor tidak bisa hidup. Gejala CDI rusak antara lain:

  • Mesin tidak mau hidup
  • Suara mesin brebet
  • Tenaga mesin menurun
BACA JUGA  Takaran Oli Shock Belakang Variasi yang Ciamik dan Pasti Bikin Motor Makin Nyaman

Solusi:

  • Ganti CDI dengan yang baru.

9. Spul Pengapian Rusak

Spul pengapian berfungsi menghasilkan listrik yang dibutuhkan untuk pengapian. Jika spul pengapian rusak, listrik tidak akan bisa dihasilkan dan motor tidak bisa hidup. Gejala spul pengapian rusak antara lain:

  • Mesin tidak mau hidup
  • Lampu redup
  • Starter tidak berfungsi

Solusi:

  • Periksa resistansi spul pengapian menggunakan ohmmeter.
  • Ganti spul pengapian jika sudah rusak.

10. Piston Macet

Piston bertugas mendorong campuran udara-bahan bakar ke ruang bakar. Jika piston macet, mesin tidak akan bisa bergerak dan motor tidak bisa hidup. Gejala piston macet antara lain:

  • Mesin tidak bisa diputar
  • Suara mesin berisik
  • Oli mesin berkurang drastis

Solusi:

  • Bongkar mesin dan periksa kondisi piston.
  • Ganti piston atau ring piston jika sudah aus atau rusak.

Jika Anda mengalami masalah motor Vario 110 tidak bisa hidup, jangan panik. Cobalah periksa beberapa penyebab umum yang telah disebutkan di atas dan lakukan perbaikan sendiri jika memungkinkan. Namun, jika masalah masih belum teratasi, segera bawa motor Anda ke bengkel resmi Honda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *