Jakarta – Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah shockbreaker. Terdapat dua jenis shockbreaker, yaitu shockbreaker depan dan belakang. Khusus pada RX King, motor legendaris besutan Yamaha, shock depan memegang peranan penting dalam meredam getaran saat berkendara. Nah, untuk menjaga performa shockbreaker depan RX King tetap optimal, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengisi oli secara berkala.
Takaran Oli Shock Depan RX King
Besaran takaran oli shock depan RX King berbeda antara sisi kiri dan kanan. Berikut rincian takarannya:
- Shock depan kiri: 80 ml
- Shock depan kanan: 120 ml
Penggunaan takaran oli yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja shockbreaker depan secara optimal. Jika oli terlalu sedikit, shockbreaker akan menjadi keras dan kurang efektif meredam getaran. Sebaliknya, jika oli terlalu banyak, kinerja shockbreaker juga akan terganggu karena tekanan yang berlebihan.
Jenis Oli Shock Depan RX King
Pemilihan jenis oli shockbreaker depan RX King juga krusial. Jenis oli yang disarankan adalah oli khusus shockbreaker atau fork oil. Fork oil memiliki kekentalan yang sesuai dengan kebutuhan shockbreaker depan dan mampu bekerja secara optimal dalam meredam getaran.
Beberapa merk fork oil yang direkomendasikan untuk RX King antara lain:
- Yamalube G-10: Oli fork keluaran Yamaha yang direkomendasikan khusus untuk sepeda motor Yamaha, termasuk RX King.
- Motul Fork Oil Expert: Oli berkualitas tinggi yang menawarkan perlindungan optimal dan performa redaman yang baik.
- Liqui Moly Motorbike 10W: Oli fork dengan kekentalan sedang yang cocok digunakan pada berbagai jenis sepeda motor, termasuk RX King.
Cara Mengganti Oli Shock Depan RX King
Mengganti oli shock depan RX King cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:
- Siapkan peralatan: Kunci pas ukuran 17, kunci allen ukuran 6, wadah penampung oli, dan oli shock baru.
- Posisikan motor: Tempatkan motor pada paddock atau standar tengah agar roda depan menggantung.
- Lepaskan tutup shock: Gunakan kunci allen untuk melepaskan tutup shock pada bagian atas.
- Keluarkan oli lama: Tarik keluar tabung shock untuk mengeluarkan oli lama. Wadahkan oli lama untuk dibuang nanti.
- Isi oli baru: Masukkan oli baru ke dalam tabung shock dengan menggunakan corong atau suntikan. Isi sesuai takaran yang telah ditentukan.
- Pasang kembali tutup shock: Pasang kembali tutup shock dan kencangkan menggunakan kunci allen.
- Pompa shock: Pompa shock beberapa kali secara manual untuk mengeluarkan udara yang terperangkap.
- Ulangi langkah untuk shock lainnya: Lakukan langkah yang sama untuk mengganti oli pada shock depan sisi lainnya.
Tips Merawat Shock Depan RX King
Selain mengisi oli secara berkala, beberapa tips berikut dapat membantu memperpanjang umur pakai shock depan RX King:
- Periksa kondisi shock depan secara rutin, termasuk kebocoran oli dan keausan.
- Bersihkan shock depan dari kotoran dan debu secara berkala.
- Hindari mengendarai motor dengan beban berlebihan atau melewati medan berat secara terus-menerus.
- Gunakan seal shock berkualitas baik untuk mencegah kebocoran oli.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa shock depan RX King Anda selalu dalam kondisi prima dan memberikan performa meredam getaran yang optimal, sehingga kenyamanan dan keselamatan berkendara terjamin.
Be First to Comment