Press "Enter" to skip to content

Penyebab RX King Nahan di Putaran Atas

Motor Yamaha RX King dikenal sebagai salah satu motor 2 tak legendaris yang memiliki banyak penggemar. Namun, beberapa pengendara mengalami masalah dengan motor ini, terutama saat motor nahan atau tidak mau berakselerasi dengan baik di putaran atas. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari masalah ini, disertai dengan solusi yang dapat membantu mengatasinya.

1. Stelan Angin Terlalu Besar

Salah satu penyebab paling umum adalah stelan angin pada karburator yang terlalu besar. Ini menyebabkan komposisi udara lebih banyak daripada bensin, yang dapat membuat motor cepat panas dan kurang responsif. Solusinya adalah menyetel ulang stelan angin dan bensin pada karburator dengan benar.

2. Celah Busi Terlalu Rapat

Celah busi yang terlalu rapat juga bisa menjadi penyebab motor ngempos di putaran atas. Celah busi yang ideal adalah antara 0.6 mm hingga 0.8 mm. Jika celahnya terlalu rapat, motor akan kurang responsif saat berada di putaran atas.

3. Busi Sudah Mau Rusak

Busi yang sudah hampir rusak bisa menyebabkan motor ngempos dan sulit dihidupkan saat mesin dingin. Busi sebaiknya diganti setelah pemakaian 7.000 – 15.000 Km, tergantung kondisi campuran bahan bakar dan kualitas busi itu sendiri.

4. Oli Samping Terlalu Banyak

Oli samping yang terlalu banyak tidak hanya bisa membuat motor ngempos, tapi juga bisa menyebabkan ruang bakar berkerak dan membuat motor brebet.

5. Karburator Tidak Optimal

Karburator yang tidak optimal dapat mengganggu aliran bahan bakar dan udara ke mesin, menyebabkan mesin sulit berakselerasi pada putaran atas.

Dengan memahami penyebab-penyebab di atas dan cara mengatasinya, Anda dapat membantu RX King Anda untuk beroperasi dengan lebih baik dan menghindari masalah nahan di putaran atas.

BACA JUGA  Per Sentri PCX 150: Mengungkap RPM dan Pengaruhnya Terhadap Performa

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *