Serba-serbi Persamaan Kiprok FU: Panduan Lengkap untuk Pemula Mobil

Hadi Saputra

Pengantar

Kiprok merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan motor. Komponen ini berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan oleh alternator menjadi arus searah (DC) yang dapat digunakan oleh komponen kelistrikan lainnya. Pada sepeda motor Honda FU (Future), kiprok memiliki peran yang sangat penting karena mengatur pengisian aki dan kelistrikan lainnya.

Dalam kondisi tertentu, kiprok dapat mengalami kerusakan yang menyebabkan sistem pengisian aki menjadi terganggu. Hal ini akan berdampak pada kinerja aki dan komponen kelistrikan lainnya yang bergantung pada aki. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami persamaan kiprok FU untuk memudahkan proses identifikasi dan penggantian jika terjadi kerusakan.

Prinsip Kerja Kiprok

Kiprok bekerja berdasarkan prinsip kerja dioda. Dioda adalah komponen elektronika yang hanya dapat mengalirkan arus listrik dalam satu arah. Pada kiprok, terdapat beberapa dioda yang disusun secara khusus untuk mengubah arus AC menjadi arus DC.

Ketika arus AC masuk ke kiprok, dioda-dioda akan memblokir arus yang mengalir ke arah negatif. Sehingga, hanya arus yang mengalir ke arah positif yang akan diteruskan. Arus positif yang diteruskan ini kemudian akan disalurkan ke aki untuk mengisi dan memberikan daya ke komponen kelistrikan lainnya.

Persamaan Kiprok FU

Persamaan kiprok FU dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu persamaan kiprok FU lama dan persamaan kiprok FU terbaru. Persamaan kedua jenis kiprok ini berbeda karena adanya perbedaan sistem pengisian aki yang digunakan.

BACA JUGA  Persamaan Seal Kruk As Suzuki Nex

1. Persamaan Kiprok FU Lama (Karburator)

  • 6 kabel:

    • Merah (AC)
    • Kuning (AC)
    • Putih (AC)
    • Hijau (Massa)
    • Hitam (Massa)
    • Cokelat (Aki)
  • Fungsi kabel:

    • Merah, kuning, putih: Input arus AC dari alternator
    • Hijau, hitam: Massa
    • Cokelat: Output arus DC ke aki

2. Persamaan Kiprok FU Terbaru (Injeksi)

  • 7 kabel:

    • Merah (AC)
    • Kuning (AC)
    • Putih (AC)
    • Hijau (Massa)
    • Hitam (Massa)
    • Biru (Sensor RPM)
    • Kuning (Output Aki)
  • Fungsi kabel:

    • Merah, kuning, putih: Input arus AC dari alternator
    • Hijau, hitam: Massa
    • Biru: Input sensor RPM
    • Kuning: Output arus DC ke aki

Cara Membaca Persamaan Kiprok

Untuk membaca persamaan kiprok, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Identifikasi kabel yang terhubung ke kiprok.
  2. Cari kabel yang berwarna merah, kuning, dan putih. Kabel-kabel ini merupakan kabel input arus AC dari alternator.
  3. Cari kabel yang berwarna hijau atau hitam. Kabel-kabel ini merupakan kabel massa.
  4. Cari kabel yang berwarna cokelat (kiprok FU lama) atau kuning (kiprok FU terbaru). Kabel ini merupakan kabel output arus DC ke aki.
  5. Jika terdapat kabel biru (kiprok FU terbaru), kabel ini merupakan kabel input sensor RPM.

Kesimpulan

Persamaan kiprok FU sangat penting untuk dipahami untuk memudahkan proses identifikasi dan penggantian jika terjadi kerusakan. Dengan memahami persamaan kiprok, Anda dapat dengan mudah memeriksa kondisi kiprok dan memastikan sistem pengisian aki berfungsi dengan baik.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar